AU serbu internet di Indigo

by Indigo at/on 11.07
in





Tugas menjadi abdi negara adalah mengamankan dan melindungi negaranya dari serangan musuh. Di setiap aktifitasnya, mereka yang disebut dengan anggota TNI ini setiap harinya bergelut dengan senjata. Keluar dari rutinitas sehari-hari kini mereka dicoba untuk mengenal dunia informatika dan teknologi atau yang lebih populer dengan sebutan IT. Salah satu dari dunia IT ini yang akan mereka telursuri adalah internet.

Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Seiring kemajuan jaman dan teknologi, dunia ini kian merambah banyak golongan masyarakat Indonesia. Tak terkecuali bagi mereka yang disebut tentara dari Angkatan Udara, menyerbu internet melalui Workshop ”Pelatihan Dasar Internet” yang digelar Telkom Drive V Surabaya di Indigo Center, Telkom Manyar Surabaya pada hari Selasa-Rabu (28-29/01).

Setelah kedatangan ibu-ibu PKK yang penasaran dengan apa itu internet bulan Desember lalu. Kemudian disusul para pengusaha yang tergabung dalam GPEI yang membutuhkan Interconnected Network ini. Kini giliran beberapa pria dan wanita berbadan tegap yang berasal dari Angkatan Udara Juanda menyerbu Indigo Center. Mereka yang datang dari Lanud atau Landasan Udara ini bukan menyerbu lantaran untuk berperang, namun menyerbu untuk mengikuti Workshop ”Pelatihan Dasar Internet”. Pelatihan yang diprakarsai oleh Telkom Drive V dari divisi Enterprise dibuka oleh GM dari divisi yang sama oleh ibu Siti Khoiriana dan komandan AU Juanda Kol. Gatot Purwanto.


Di hari pertama kursi workshop yang dimulai pukul 09.00 wib ini penuh terisi dari anggota TNI AU yang datang dengan menggunakan satu bis dinas milik Angkata Udara Juanda. Abdul Azis selaku pemateri memulai pelatihan dengan membuat email. Dalam pembuatan email pun, mereka yang hadir mengkreasikan nama alamat email mereka masing-masing. Setelah berhasil kemudian dilanjutkan pria yang juga staff Indigo dengan membuat situs pertemanan seperti Friendster. Dengan menggunakan situs ini diharapkan para peserta dapat mengenal portal pertemanan di dunia maya.

Tak jauh beda di hari kedua, pelatihan yang dimulai satu jam lebih awal dari hari sebelumnya dihadiri sekitar 14 peserta. Materi yang diberikan juga masih sama dengan di hari pertama. Hanya yang berbeda di hari terakhir workshop ini ditunjukkan materi google earth untuk melihat peta dunia. Di bagian inilah yang menjadi daya tarik para peserta.

Biarpun dalam hal kesenjataan tentara Indonesia tidak semaju negara adidaya Amerika Serikat, setidaknya mengikuti kemajuan dalam pengetahuan informasi dunia global melalui intenet. (Blnd)


0 komentar:


 
fineprint
(c) Indigo · Using Blogger · Theme by indigo · Blogger Template by Blogger FAQs and Mobi123