Bikin website instant pake Joomla di Linux

by Indigo at/on 20.07
in



Website instant, yupz akhir-akhir ini memang marak pembahasan seputar pembuatan website secara cepat saji . Salah satu menggunakan Joomla, dengan software ini kita bisa membuat website dengan mudah dan cepat. Bahkan tanpa penguasaan bahasa pemograman yang rumit kita bisa membuat website dengan Joomla.
Karena itu Sabtu (11/4), digelar Workshop membuat website dengan menggunakan Joomla di Indigo Center. Hadir sebagai pemateri, mas Rizal dari Sarang Linux, karena pembuatan website nya dilakukan di sistem operasi Linux. Sebenarnya Joomla juga bisa dijalankan di Windows juga, tapi karena Jommla lebih dikenal dekat dengan linux <> maka workshop tersebut dilangsungkan pada OS Linux.
Perbedaannya hanya pada cara instalasi Xampp saja, kalo di windows tinggal klik dan klik executable file nya, tapi di linux harus menggunakan perintah dasar. Peserta memang agak kesulitan dibagian ini, tapi paling tidak mereka punya pengalaman perintah dasar linux :)
Setelah proses intalasi Xampp selesai, Jommla mulai dijalankan. Hampir sama dengan pembuatan blog sebenarnya prinsip kerja Joomla secara basic. Cuma Joomla memiliki tools -tools yang lebih kompleks jadi terkesan lebih rumit daripada blog. Tapi jika kita mau sedikit berusaha dan memahami prinsip kerja Joomla, sebuah website yang cantik akan tercipta. So, rugi banget yang gak ikutan workshop kali ini :)






0 komentar:


 
fineprint
(c) Indigo · Using Blogger · Theme by indigo · Blogger Template by Blogger FAQs and Mobi123